PROSEDUR STANDARD
PS-01
CARA MENGISI FREON AC DENGAN REFRIGERANT R22
Peralatan yang
dibutuhkan :
1 1. Manifold (alat ukur tekanan
freon)
2. Kunci inggris 10" dan 12" masing
3. Kunci pas satu set
4. Tang Amper / clamp meter
5. Obeng set (screwdriver set)
6. Tabung refrigerant R22
7. Alat Flaring
2. Kunci inggris 10" dan 12" masing
3. Kunci pas satu set
4. Tang Amper / clamp meter
5. Obeng set (screwdriver set)
6. Tabung refrigerant R22
7. Alat Flaring
Langkah Kerja Memperbaiki
Kebocoran:
- Nyalakan unit AC
- Buka penutup service valve pada pipa besar menggunakan kunci inggris atau kunci pas.
- Pasang selang manifold (low preassure) warna biru pada service valve (posisi sebelah kiri pada manifold anda) dan warna kuning pada tabung refrigrant (posisi sebelah tengah pada manifold anda). Usahakan kran manifold pada posisi tertutup semua.
- Untuk deteksi dini, cek tekanan freon AC. Standard tekanan freon R22 adalah 57.6 – 84.1 psig.
- Jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran. Cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yg diberi air sabun, bila tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali. Bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yg harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan/pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
- Apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum. Vakum yg baik harus mencapai 30″, lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum??
1. Pasang
selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada
tabung Freon (posisi kran ditabung freon dalam keadaan terbuka penuh dan kedua
kran pada manifold tertutup penuh).
2. Buka
penutup kran nepel ukuran 3/8 yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor
unit.
3. Masukan
kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).
4. Operasikan
ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.
5. Setelah
outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan
keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi
dari ujung selang warna biru.
6. Setelah
tidak ada angin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali
ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada
kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).
7. Isi
freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum
manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem
pendingin/ac split.
Pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
8. Buka kran manifold tunggu beberapa saat, lalu tutup kembali. Lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.
Pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
8. Buka kran manifold tunggu beberapa saat, lalu tutup kembali. Lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.
Bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac
menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin. Perhatikan juga ampere
compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas ampere (current)
yg dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
9. Tutup kembali kran pada tabung freon.
10. Lepas selang manifold pada tabung freon dan unit AC.
11. Tunggu beberapa saat check kembali tekanan freon AC, chek Ampere
meter (currency) apabila melebihi kapasitas kurangi tekanan dengan sedikit
membuangnya.
12. Buka dan lepas selang manifold pada Unit AC, tutup kembali
penutup valve service.
SEMOGA BERMANFAAT....!
teng kyu
BalasHapusjadi terbuka nih pikiran saya
semoga bermanfaat
http://polarinxinindo.co.id
teng kyu
BalasHapusjadi terbuka nih pikiran saya
semoga bermanfaat
http://polarinxinindo.co.id
klo manifold yg dipakai single manifold apakah sama cara proses pengisiannya?
BalasHapussama aja.. manifold single ada 2 lubang.. 1 di samping 1 di bawah... untuk yg di samping di hubungkan ke tabung freon.. untuk yg lubang bawah di hubungkan ke pentil pengisian freon di outdoor.. ^_^
Hapusartikelnya bermanfaat gan salam kenal dari Service AC Surabaya, Service AC Sidoarjo
BalasHapusoke lah bro..thanks
BalasHapusoke lah bro..thanks
BalasHapusSangat membantu sekali dalam pengisian freon Ac bagi saya yang milai bisnis dibidang service ac
BalasHapusMas broo saya punya ac merk trane 1/2 pk kenapa setiap mau di isi freon r22 berapa menit mcb langsung turun tp,kalau di hidup kan tampa freon langsung hidup tampa kendala kenapa ea mas broo
BalasHapuskerja kompresor sdh tidak maksimal.. isi freon sampai 30 saja... biasanya klo di atas 30psi krj kompresor sdh berat. dan itu bisa saja pipa kapiler mampet.. jadi freon sedikit ampere tinggi...
HapusItu bisa digunkan untuk semua merk ac kah pak? Servis Ac Surabaya
BalasHapusTabung freonya di balik atau tidak saat pengisian
BalasHapusFroenx sdh diisi tp mash krng dingin, kira" apa penyebabx...
BalasHapusPada saat isi freon apakah kran pada selang ada yg di tutup atau dalam posisi terbuka semua.....
BalasHapusMohon bimbingan nya
Bos minta solusinya ampernya bagus. Tekanan freonnya bagus. Kenpa acnya ngk mau dingin?
BalasHapusKalau ac lama 4 tahun berapa tekanan freon nya.makasih
BalasHapusFeon nya R22
BalasHapusMohon pencerahan... Mana yg lebih penting melihat tekanan freon pd manifold atau angka pd tang amper yg targetnya dpt kita lihat pd label stciker unit? Apakah jenis pk mempunyai standar tekanan yg harus diperhatikan pd manifold... Misal... 1/4 sampai 1/2 pk tekanan standar manifoldnya 70 - 80 ... Bagaimana jika tekanan sudah sampai tpi amper jauh dari target running amper... Apa bisa kita kejar isi terus sampe target amper tercapai...? Atau bagaimana bila sebaliknya... sudah target Amper sudah tercapai tapi tekanan belum... Dgn kondisi pemasangan selang selang ke manifold,tabung freon, service valve sudah kencang tdk longgar... Mohon pencerahan.... Trims...
BalasHapusYang mana saja duluan tercapai itulah yang menjadi tolak ukur.
Hapus