Blogger news

Selasa, 24 Juni 2014

CARA MENGISI FREON AC DENGAN REFRIGERANT R22

Ingin tau cara mengisi freon AC dengan refrigerant R22, berikut caranya kami akan mengulasnya....


PROSEDUR STANDARD
PS-01
CARA MENGISI FREON AC DENGAN REFRIGERANT R22

Peralatan yang dibutuhkan :

1    1.       Manifold (alat ukur tekanan freon)
2.       Kunci inggris 10" dan 12" masing
3.       Kunci pas satu set
4.       Tang Amper / clamp meter
5.       Obeng set (screwdriver set)
6.       Tabung refrigerant  R22 
7.       Alat Flaring

Langkah Kerja Memperbaiki Kebocoran:


  1. Nyalakan unit AC
  2. Buka penutup service valve pada pipa besar menggunakan kunci inggris atau kunci pas.
  3. Pasang selang manifold (low preassure) warna biru pada service valve (posisi sebelah kiri pada manifold anda) dan warna kuning pada tabung refrigrant (posisi sebelah tengah pada manifold anda). Usahakan kran manifold pada posisi tertutup semua.
  4. Untuk deteksi dini, cek tekanan freon AC. Standard tekanan freon R22 adalah 57.6 – 84.1 psig. 
  5. Jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran. Cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yg diberi air sabun, bila tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali. Bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yg harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan/pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
  6. Apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum. Vakum yg baik harus mencapai 30″, lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum??
Langkah Kerja Vacuum dan Mengisi Freon:


1.       Pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung Freon (posisi kran ditabung freon dalam keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).
2.       Buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.
3.       Masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).
4.       Operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.
5.       Setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.
6.     Setelah tidak ada angin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).
7.   Isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split.
Pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.

8.  Buka kran manifold tunggu beberapa saat, lalu tutup kembali. Lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.
     Bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin. Perhatikan juga ampere compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas ampere (current) yg dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
9.   Tutup kembali kran pada tabung freon.
10. Lepas selang manifold pada tabung freon dan unit AC.
11. Tunggu beberapa saat check kembali tekanan freon AC, chek Ampere meter (currency) apabila melebihi kapasitas kurangi tekanan dengan sedikit membuangnya.
12.  Buka dan lepas selang manifold pada Unit AC, tutup kembali penutup valve service.


SEMOGA BERMANFAAT....!

19 komentar:

  1. teng kyu
    jadi terbuka nih pikiran saya


    semoga bermanfaat
    http://polarinxinindo.co.id

    BalasHapus
  2. teng kyu
    jadi terbuka nih pikiran saya


    semoga bermanfaat
    http://polarinxinindo.co.id

    BalasHapus
  3. klo manifold yg dipakai single manifold apakah sama cara proses pengisiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja.. manifold single ada 2 lubang.. 1 di samping 1 di bawah... untuk yg di samping di hubungkan ke tabung freon.. untuk yg lubang bawah di hubungkan ke pentil pengisian freon di outdoor.. ^_^

      Hapus
  4. Sangat membantu sekali dalam pengisian freon Ac bagi saya yang milai bisnis dibidang service ac

    BalasHapus
  5. Mas broo saya punya ac merk trane 1/2 pk kenapa setiap mau di isi freon r22 berapa menit mcb langsung turun tp,kalau di hidup kan tampa freon langsung hidup tampa kendala kenapa ea mas broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerja kompresor sdh tidak maksimal.. isi freon sampai 30 saja... biasanya klo di atas 30psi krj kompresor sdh berat. dan itu bisa saja pipa kapiler mampet.. jadi freon sedikit ampere tinggi...

      Hapus
  6. Itu bisa digunkan untuk semua merk ac kah pak? Servis Ac Surabaya

    BalasHapus
  7. Tabung freonya di balik atau tidak saat pengisian

    BalasHapus
  8. Froenx sdh diisi tp mash krng dingin, kira" apa penyebabx...

    BalasHapus
  9. Pada saat isi freon apakah kran pada selang ada yg di tutup atau dalam posisi terbuka semua.....
    Mohon bimbingan nya

    BalasHapus
  10. Bos minta solusinya ampernya bagus. Tekanan freonnya bagus. Kenpa acnya ngk mau dingin?

    BalasHapus
  11. Kalau ac lama 4 tahun berapa tekanan freon nya.makasih

    BalasHapus
  12. Mohon pencerahan... Mana yg lebih penting melihat tekanan freon pd manifold atau angka pd tang amper yg targetnya dpt kita lihat pd label stciker unit? Apakah jenis pk mempunyai standar tekanan yg harus diperhatikan pd manifold... Misal... 1/4 sampai 1/2 pk tekanan standar manifoldnya 70 - 80 ... Bagaimana jika tekanan sudah sampai tpi amper jauh dari target running amper... Apa bisa kita kejar isi terus sampe target amper tercapai...? Atau bagaimana bila sebaliknya... sudah target Amper sudah tercapai tapi tekanan belum... Dgn kondisi pemasangan selang selang ke manifold,tabung freon, service valve sudah kencang tdk longgar... Mohon pencerahan.... Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana saja duluan tercapai itulah yang menjadi tolak ukur.

      Hapus